RESENSI FILM TOKOH DUNIA LICONL 2012

Leave a comment

April 27, 2014 by evo3cx

Lincoln-Soundtrack

 

Film Lincoln sebenarnya sudah dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 9 November 2012 yang lalu, namun di Indonesia film ini belum diputar di bioskop. Film karya sutradara top Hollywood, Steven Speilberg ini bergenre sejarah biografi.

Film Lincoln sendiri merupakan film berkualitas, itu terlihat dari masuknya film ini dalam nominasi Piala Oscar 2013. Tidak tanggung-tanggung, film Lincoln ini masuk 12 nominasi Piala Oscar, terbanyak dibandingkan dengan film lainnya.
Lincoln
Berikut Sinopsis Film Lincoln :

Film Lincoln menceritakan tentang kejadian politik yang dialami oleh Presiden Abraham Lincoln yang diperankan oleh Daniel Day-Lewis. Rencana sang Presiden untuk menghapus perbudakan dan mengakhiri perang saudara yang terjadi dengan merubah amandemen tidak berjalan dengan mulus.

Steven Spielberg kembali pada akar film historisnya yang dikenal “berat”. Perlu diperjelas di sini, yang dimaksud dengan “berat” lebih ke faktor kolosalitas drama politik historis. Sekali saja menonton film ini bagi saya masih sisakan jamak sekali artikulasi dialog yang tak terpegang. Bukan karena bahasa komunikasi nan membingungkan atau semu—justru film ini cukup bersahabat dalam hal penggunaan kalimat kiasan—namun melainkan karena berjibunnya karakter yang campur tangan dalam tiap babak. Membuat saya kadang bingung mengingat dan menentukan bahwa ini siapa yang sedang bicara dan tadinya ia jadi apa, begitu seterusnya.

Perbincangan tentang Lincoln kian menarik jika dikaitkan dengan ajang Oscar 2013. Ia berhasil meraih nomine terbanyak, termasuk sebagai film terbaik. Seberapa kansnya? Lincoln boleh dibilang jenis film selera para anggota Akademi yang setahu saya masih cukup konservatif. Menghargai setinggi-tingginya film berbau nasionalisme (dalam artian luas) USA dan pedantik. Melihat kenyataan ini, Lincoln bisa siap-siap membawa pulang Piala Oscar. Di lain sisi, hati saya untuk Zero Dark Thirty sejauh dari film-film termasuk nomine film terbaik yang sudah ditonton.

Satu yang sudah jelas dan harus diganjar Piala Oscar oleh anggota Akademi: Daniel Day-Lewis, si pemeran utama. Menyaksikan aktingnya sebagai Lincoln membuat saya tak kenal Daniel lagi. Ia kerasukan karakter Lincoln. Elok nan gendheng! Produksi suaranya, gesturnya, dan segala atribut yang merekat di badannya. Saya sebenarnya tak kenal betul dengan personalitas sosok Abraham Lincoln yang masyhur itu. Entah Day-Lewis menerjemahkannya dari apa, manuskripkah? Memoarkah? Saya dibuat tak berdaya, menjadi percaya dan yakin bahwa seperti itulah figur Lincoln. Suatu pencapaian akting memorabel dari Day-Lewis.

Tak perlulah saya cerita tentang sinopsis film ini, mengingat keterbatasan saya dalam menyerap plot. Pun pada dasarnya, film ini menyoroti babak akhir hayat Lincoln dan perjuangan monumentalnya. Ia merupakan presiden USA yang pertama berhasil menetaskan amandemen UU perbudakan. Ia terlahir untuk menjadi bagian sejarah, perubahan fundamental atas nasib-dari-dalam sebuah bangsa. Walaupun tokoh Lincoln tak masuk dalam deretan 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah versi Michael H. Hart, sudah karuan ia mendapat tempat terhormat di sanubari warga USA. Makanya, film seperti Lincoln ini bakal relevan diproduksi Hollywood kapanpun. Dan sekaranglah saatnya Steven Spielberg berunjuk gigi angkat sosok-historis besar USA.

Sekali lagi, ciyus! Film drama politis ini alot dikunyah. Meski tak sepenuhnya berhasil saya serap, beberapa adegan menggetarkan. Yang lebih membuatnya menggetarkan lagi yakni tatkala kita saksikan adegan-adegan Lincoln sedang mendongeng. Karismanya terpancar, sebagai bapak negeri sejati dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Berikut data-data film “Lincoln”:
• Sutradara : Steven Speilberg
• Produser : Steven Speilberg, Kathleen Kennedy
• Screenplay : Tony Kushner
• Pemain : Daniel Day-Lewis, Sally Field, Tommy Lee Jones, Joseph Gordon-Levitt, James Spader, David Strathairn, Tim Blake Nelson, John Hawkes, Hal Holbrook, Gloria Reuben, Walton Goggins, Bruce McGill, Joseph Cross, Jackie Earle Haley, David Oyelowo, Michael Stuhlbarg
• Studio : Dreamworks Studio, 20th Century Fox
• Genre : Sejarah, Biografi
• Durasi : 150 menit
• Bahasa : Inggris
• Tanggal Rilis : 9 November 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Gunadarma Logo

Categories

About Me

Reza Aditya Saputra 3ka07

visitor stats


%d bloggers like this: