CIRCA

Leave a comment

June 8, 2014 by evo3cx


Judul Buku : CIRCA

Pengarang : SITTA KARINA

Tebal : 216 Halaman

Terbit : Juli 2008

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

                                           teenlitcirca_1849[1]                         

Biografi Pengarang:

Sitta Karina Rachmidiharja merupakan penulis dari novel best-selling penuh ilustrasi cantik beberapa novel remaja “Lukisan Hujan”, “Pesan dari Bintang”, “Putri Hujan & Ksatria Malam”, serial remaja “Stila-Aria” dan trilogi fantasi “Magical Seira” dimana kini salah satunya sedang dalam pengerjaan adaptasi ke dalam bentuk film. Pernah bekerja di Citibank dan menjadi konsultan di Accenture serta Freeport-McMoran Mining Industry menjadikannya salah satu sumber referensi dalam menulis cerita. Sitta menaruh minat besar terhadap fashion, puisi, kopi, pantai, dan segala hal yang berhubungan dengan alam. Selain novel, ia juga aktif menulis artikel dan cerpen yang dimuat di majalah CosmoGIRL!, HAI, SPICE!, Gogirl!, Cerita Kita, 21-Degrees dan Bukuné. Sitta juga menyalurkan hobinya menulis cerita pendek dan novelet dengan menjadi kontributor majalah CosmoGIRL! Indonesia sejak tahun 2005 sampai kini. Karena meracik kopi adalah salah satu hobinya, ia selalu ditemani segelas latté ketika sedang menulis, melukis, maupun membaca novel dan majalah favoritnya National Geographic.

Resensi CIRCA

Almashira Raiz, yang akrab dipanggil Alma, adalah seorang siswi kelas XII SMU Surya Ilmu. Hobinya bermain tennis disekolah. Serta disekolah ia disibukkan oleh kegiatan majalah dinding. Cita-cita Alma adalah menjadi ahli dermatologi serta pakar kecantikan. Oleh sebab itu, ia sangat menyukai CIRCA. CIRCA adalah sebuah produk kecantikan yang sangat digemari para remaja Indonesia, termasuk Alma. CIRCA yang tadinya menjadi merk kosmetik favorit diluar negeri, kini telah merambah ke Indonesia. Perusahaan tersebut memang mengincar remaja sebagai konsumen mereka.

Alma mempunyai seorang kakak yang bernama Aldebaran Raiz, yang merupakan sosok kutubuku yang hobi berkutat dengan mesin dan komputer, dan sampai sekarang belum mempunyai pacar. Alde mempunyai musuh besar bernama Genta Ramya Sasmitro, putra pemilik CIRCA Indonesia. Alma merupakan sosok yang dewasa, meskipun ibunya telah tiada.

Alma yang sangat menyukai CIRCA, sangat senang karena CIRCA sedang membuka lamaran pekerjaan untuk siswa magang. Serta Alma berniat melakukan penelitian di pabrik CIRCA untuk tugas proyek kelasnya. Alma seorang gadis yang ceria, menyukai lelaki bernama Sailendra, teman yang sudah sangat dekat seperti bodyguard-nya dan Alma menginginkan lebih dari sekedar pertemanan dengan Sai.

Suatu hari di kampus Universitas Richmond Indonesia, Genta sangat kesal karena dia tidak lulus mata pelajaran Riset Pemasaran (RP). Genta yang biasanya membayar Tris untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya, kini tidak bisa berbuat apa-apa karena Tris sudah tidak membutuhkan uang lagi. Genta yang terancam mengulang pelajaran Riset Pemasaran semester depan, ternyata diberi keringanan oleh Pak Gatot, sang dosen. Yaitu ia harus melakukan penelitian tentang perilaku konsumen terhadap suatu produk. Ia lalu meminta tolong kepada si kutubuku, tetapi Alde malah meledek Genta yang katanya hanya bermodalkan uang dan otak kosong. Genta yang bingung karena harus bekerja sendiri, akhirnya memilih CIRCA untuk menjadi tempat untuk mengerjakan tugasnya.

Suatu hari, Alma dengan seragam abu-abunya berangkat ke pabrik CIRCA untuk memulai proyek kelasnya. Ia disambut oleh Bu Sendy sang manajer pemasaran dan diajak berkeliling pabrik. Secara tidak sengaja, Alma dan Bu Sendy hampir tersiram hot wax, tapi untung langsung diselamatkan oleh Genta. Setelah Bu Sendy memarahi karyawan, ia mengajak Genta dan Alma yang sama-sama sedang melakukan penilitian untuk bekerjasama dalam proyek sosial dari pembuatan produk terbaru CIRCA yaitu pembuatan berry-honey moist lip. Genta yang mengetahui Alma merupakan adik dari Alde, musuhnya, lalu berpura-pura menjadi ‘Ramya’ didepan Alma. Genta yang tertarik dengan Alma, lalu mendatangi SMU Surya Ilmu untuk melakukan tugas riset terhadap siswi SMU yang merupakan konsumen produk CIRCA. Disana ia bertemu dengan Sai, yang merasa Genta adalah lelaki asing yang dapat mencelakai Alma. Sai cemburu ketika Alma menemani Genta ke kantor untuk mengurus perizinan riset. Sejak itu, Alma dan Genta mulai merasakan adanya perasaan. Ketika Alma mengenalkan Genta kepada Trudi, seorang bule yang cantik, Genta tidak sengaja menyebut nama aslinya. Namun Alma hanya diam mendengar nama musuh besar kakaknya disebut. Ia tidak mau berburuk sangka kepada Genta.

Sudah tiga hari Genta tidak muncul dihadapan Alma. Di hari janjian mereka pun, Genta tidak datang. Suatu hari ketika sedang berada di rumah Kiran, sahabatnya, Alma ditelepon oleh Trudi, bule cantik yang berbeda dunia dengan mereka. Kiran yang merasa cemburu Karena Alma diajak hang out oleh Trudi, merasa kesal dan muak dengan Alma. Ketika sedang bermain tennis bersama Sai, Alma menemukan sebuah Agenda milik ‘Genta Sasmitro’. Alma mulai merasa kenal dengan nama tersebut. Didalam Agenda itu ditemukan foto Alanna Raiz, foto almarhumah ibu Alma. Awalnya Alma marah ketika bertemu dengan Genta, karena ia mengetahui bahwa Genta merupakan musuh besar Alde, dan dengan seenaknya menyimpan foto ibunya. Genta lalu menjelaskan bahwa Ibu Alma dan Ibu Genta adalah sahabat. Mereka berdua telah meninggal dalam kecelakaan pesawat yang sama, dan ayah Genta ingin mewujudkan cita-cita mereka berdua yaitu membuat produk CIRCA Indonesia. Genta semakin suka pada Alma yang tidak marah ketika Genta mengakui semua kesalahannya. Tetapi ada satu hal yang membuat Alma heran, mengapa Genta dan Alde yang tadinya bersahabat, kini harus bermusuhan?.

Trudi dan kawan-kawannya mulai berteman akrab dengan Alma yang tadinya berbeda dunia. Hal ini menyebabkan Alma yang jadi jauh dengan Kiran. Ternyata Kiran kesal karena hal tersebut, sehingga Alma dan Kiran perang dingin. Sementara itu, Alde mengunjungi Anthi, sesosok gadis penyuka kayu manis yang dicintainya. Kaki Anthi yang pincang, ternyata disebabkan oleh Genta. Ia yang tadinya sangat suka menari, kini tidak bisa lagi menari, dia hanya bisa duduk dan melukis. Ternyata hal ini yang menyebabkan Alde sangat membenci Genta. Tetapi Anthi sudah bisa merelakan kejadian setahun lalu, dan tidak dendam kepada Genta.

Alma mulai menjadi sibuk dan jauh dari teman-temannya termasuk Sai dan Kiran. Ia sibuk bersama Genta di pabrik CIRCA untuk menentukan rasa produk terbaru mereka sesuai keinginan remaja. Genta mulai antusias dengan pekerjaannya karena ketertarikannya dengan Alma. Alma pun merasakan hal yang sama, ia mulai menyukai Genta. Suatu malam, ketika mengantar Alma pulang, Genta ketahuan oleh Alde. Alde sangat marah, ia mengingat kejadian setahun lalu ketika Anthi yang merupakan pacar Genta, mengalami kecelakaan. Anthi yang sedang latihan menari, tertimpa atap bangunan yang rapuh. Sedangkan Genta sedang clubbing dan tidak mengangkat telepon dari Genta. Setelah empat hari dirawat, barulah Genta datang kerumah sakit. Genta shock dan merasa tidak pantas berpacaran dengan Anthi. Ia sadar bahwa seharusnya Alde yang berada disisi Anthi.

Alde yang melihat adiknya bersama musuh besarnya, lalu berkelahi dengan Genta. Akibatnya, Alde dan Alma sama-sama dihukum oleh sang ayah. Semenjak saat itu, Genta tidak pernah lagi datang kesekolah. Ternyata ia telah selesai melakukan risetnya di SMU Surya Ilmu. Sai pun merasa tidak mempunyai saingan dalam mendekati Alma. Tetapi Alma merasa kehilangan Genta. Perasaannya pada Sai tidak seperti dulu lagi. Alma senang karena Sai bisa menerimanya sebagai sahabat. Karena sudah tidak ada Genta, Alma mulai memperbaiki persahabatannya. Dia mulai menjauhi Trudi. Serta ia berniat untuk membantu kisah percintaan kakakknya dengan Anthi, sekalian sebagai permintaan maaf Alma. Ketika sedang berjalan menuju rumah Anthi, Alma bertemu Sai. Saat itu Sai meminta Alma menjadi pacarnya. Alma senang, tetapi perasaannya tidak sehebat dulu. Maka ia memutuskan untuk berlari kerumah Anthi dan meninggalkan Sai. Dirumah Anthi, Alma menceritakan kejadian Genta dan Alde beberapa hari yang lalu. Alma mengetahui bahwa akhirnya Anthi juga menyukai Alde. Dulu Anthi jadian dengan Genta hanya untuk membuat Alde cemburu. Tapi Alde terlalu dingin dan tidak mau mengatakan perasaannya. Akhirnya kini Anthi memutuskan untuk menyatakan perasaannya dengan dukungan Alma.

Suatu sore, Alma sedang berada disalon untuk mengganti model rambutnya. Tanpa ia sadari, rambutnya salah potong. Ia panik dan menelepon Kiran untuk dimintai tolong. Setelah mereka berbaikan dan mengakui kesalahan masing-masing, Kiran memperbaiki rambut Alma. Ketika sedang menunggu Alma, Kiran melihat di Koran. Sebuah berita mengabarkan bahwa ayah Genta, Azman Sasmitro meninggal karena serangan jantung. Alma lalu berangkat kerumah Genta, setelah direstui ayah dan kakaknya. Disana Genta terlihat kurus dan rambutnya botak, ia terlihat dipeluk seorang wanita bernama Linka. Setelah Alma mengucapkan turut berbelasungkawa, dengan penuh rasa kecewa, Alma kembali ke mobil bersama teman-temannya.

Perusahaan Circa menjadi sepi karena meninggalnya pemilik Circa Indonesia. Perusahaan harusnya jatuh ke tangan Genta. Tapi banyak yang tidak percaya dengan kepemimpinan Genta, sehingga banyak karyawan yang mengundurkan diri. Genta didukung penuh oleh Sendy dan Alma, mencoba untuk angkat bicara dalam rapat besar perusahaan CIRCA. Keesokan paginya ketika sedang jogging, Alma menolak Sai dengan halus. Sai dengan tegas menebak bahwa Alma menyukai Genta. Alma pun tidak bisa mengelak. Sai yang agak kecewa meminta Alma memberinya waktu sehingga mereka bisa bersahabat seperti dulu lagi. Sementara itu, CIRCA dikabarkan akan tutup karena tidak mampu bersaing dengan perusahaan lain. Alma sangat sedih mendengar berita tersebut. Sementara Genta, pergi kerumah Alma dan meminta bantuan serta dukungan agar CIRCA, yang telah dibangun susah payah oleh ayah Genta, tidak sia-sia ditangan Genta. Alde yang tadinya membenci Genta kini sudah bisa menerima dan berteman kembali. Akhirnya, perusahaan CIRCA yang diketuai oleh Genta, diberi satu kesempatan untuk membuktikan bahwa CIRCA bisa eksis di dunia kosmetika. Maka proyek pembuatan berry-honey lip moist, yang nanti hasil penjualannya murni untuk amal, membantu anak-anak putus sekolah, dipilih sebagai terobosan baru CIRCA. Genta semakin sibuk apalagi dengan pacar barunya, Linka yang selalu meminta perhatian lebih, sangat merepotkan Genta. Sedangkan Anthi dan Alde bisa bersama lagi, mereka sama-sama membantu dalam proyek CIRCA.

Hari Sebelum presentasi proyek mereka, Genta menyatakan perasaannya kepada Alma. Alma tersenyum senang. Mereka sangat bersemangat saat presentasi. Meskipun ada komentar yang tidak bagus, tetapi sesuai hasil voting, berkat mereka, CIRCA bisa bangkit kembali. Genta berjanji akan membuat bangga semua orang yang menyukai CIRCA.

SELESAI

Kelebihan dari cerita ini adalah, jalan ceritanya yang tidak membosankan. Kisah percintaan, tetapi diselingi oleh masalah yang tidak biasa. Serta buku ini menambah pengetahuan kita dalam dunia pekerjaan. Sedangkan kekurangan dari cerita ini adalah, kurang banyak konfliknya yang membuat buku ini terlalu singkat. Bahasa yang digunakan dibuku ini juga mudah dipahami. Saya sangat menyukai buku ini, secara keseluruhan buku ini termasuk buku yang menarik untuk dibaca.

 

Source http://resensinovelindonesia.blogspot.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Gunadarma Logo

Categories

About Me

Reza Aditya Saputra 3ka07

visitor stats


%d bloggers like this: